Sekolah KAMI

Sekolah KAMI
Sekolah KAMI (Komunitas Anak Miskin) atau yang akrab disebut sekolah rakyat, terbentuk sejak tahun 2007. bergerak pada isu pendidikan. sekolah ini mendampingi anak-anak pemulung yang terletak di pintu nol politeknik belakang workshop Unhas. anak-anak disana berusia dari 7-12 tahun. beberapa diantaranya masih buta baca dan tulis. Saat ini kami sedang memanajemen kembali sekolah tersebut dengan mengumpulkan volunter, membuat metode pembelajaran baru, perbaikan sekolah dan penyediaan kebutuhan belajar. Kepada teman-teman yang ingin membantu seperti menyumbang buku tulis, alat tulis, buku cerita, ataupun bahan bacaan untuk anakanak yang berkaitan dengan seni, olahraga, lingkungan, budaya, agama dll, dapat menghubungi di nomor 085299256350 [Ana]. Terima Kasih. ^_^

Jumat, Februari 13, 2009

This is My "FITRAH" to be a Professional NERS



Sebelum menjadi mahasiswa Ilmu Keperawatan...

What is this?? What will I learn? banyak tanya yang timbul di pikiran
waktu itu... Allah telah memilih jurusan ini umtuk ku.. this is my "fitrah"... entah bagaimana saya kelak.. bagaimana jurusan ini?? apa saja yang akan saya pelajari nanti??
jujur, waktu itu, saya masih denial masuk di keperawatan.. karena saya bercita-cita untuk menjadi dokter... yang kemudian akan berubah menjadi sebuah keprihatinan melihat beberapa teman saya yang kewalahan dengan berbagai tugas dan sistem yang membuat nilai mereka anjlok di fakultas kedokteran..

"bagaimana mau jadi dokter kalo terus ditekan dengan sistem percepatan,, masa' hanya 3 dalam waktu 3 tahun sudah bisa jadi dokter?? kualitasnya pasti beda dengan lulusan kedokteran tahun-tahun lalu yang memakai sistem kuliah 7 tahun.. untung,deh nda lulus di Kedok umum.. dari padalulus,, trus jadi dokter setengah2, lagian tanggungjawabnya berat.. juga kedekatan dengan pasien sangat jarang,, bersyukur bisa jadi perawat.. bisa lebi inten dengan pasien,, n lulusan ners unhas blom ada,tuh yang nganggur...! sy sudah pernah liat dokter yang nggur.. I believe.. I can be a Professional Ners...! Ners! bukan suster!" (yah,, itulah mungkin yang waktu itu terlintas dipikiranku,,)

Setelah menjalani kuliah, bertemu dengan teman baru, dosen-dosen dan lingkungan baru... (KESAN setelah duduk di bangku kuliah...)

"INILAH PANGGILAN HIDUP,, INILAH PROFESI YANG MULIA, INILAH FITRAH KU, MENJADI SEORANG NERS PROFESIONAL..."

Waw... cool.. keren... dosennya luar biasa,, (maksudnya para ners yangbaru pulang dari Australia)..
" o, ternyata peluang untuk melanjutkan studi di luar negeri cukup besar?? itu cukup memotivasi ku... Senior-senior yang baik hati dan ramah-ramah,, pegawai akademik yang juga ramah-ramah dan teman-teman yang cerdas-cerdas, ramah.. semua semakin membuatku bersyukur berada di jurusan ini... meski demikian,, masih terasa adanya diskriminasi yang saya dan teman-teman saya rasakan... dimanapemegang kebijakan FK tidak memberikan pelayanan yang sama di berbagai hal.. yang paling parah dan yang paling tidak bisa kami terima adalah "KAMI TIDAK DIIKUTKAN DALAM KEGIATAN BSS (BASIC STUDY SKILL)" saya sudah protes ke Kak Musmulyono yang waktu itu menjabat sebagai ketua HIMIKA... tapi kak Nono juga tidak bisa melawan apa yang dikatakan pihak di FK..
"masa', bayangkan saja.. saya dan teman-teman saya disuruh menandatangani absensi kehadiran peserta BSS sebanyak kurang lebih 42 halaman... GILA!! Mereka manusia atau bukan,ya?? kita kan sudah bayar biaya BSS waktu registrasi MABA dudu!" Saya jadi semakin geram...

mau demo/aksi,, kami kan masih MABA (Mahasiswa baru).. waktu itu saya sangat kesal... Nda adil,bukan??? hari itu, saya mengahadap ke pa xx (salah satu staff tata usaha di lantai 1 FK, saya tanyakan, pak kenapa ners nda ikut BSS, pahal kan dulu kami sudah bayar Rp.125.000 untuk ikut BSS??? Beliau menjawab : Wah, nda adami BSSnya, dek.. mahasiswa pendidikan dokter 07 sudah ikut "Learning skill" di awal semester, dulu....
ha????? jadi kita bagaimana??? mereka diikutkan learning skill, sementara kita tidak..
waktu itu, semua teman-teman saya dari fakultas lain menanyakan, kenapa kami mahasiswa ners nda ikut BSS selama satu minggu. Jawabnya,

"Kami TERTINDAS oleh kebijakan yang TAK BIJAK!!!!!!"

dan masih banyak lagi hal-hal yang menurut kami tak pantas kami terima dan harus kami terima tapi tak diberikan... "TRIMA KASIH para pemegang kebijakan yang tak bijak, doakan semoga PSIK segera menjadi Fakultas seperti FKM dan FKG (pantas dulu mereka tidak tahan untuk segera menjadi fakultas)" Gusarku dalam hati,dengan cukup emosi...

kembali rileks,,, yah, biarlah... kita kan tidak lama lagi jadi fakultas...

yang penting saya enjoy dengan keluarga-keluargaku di HIMIKA ini...

Harapan-harapan ku...??

Tentu saya mengharapkan ada perubahan ke arah yang lebih baik.. dari yang sekarang sudah baik menjadi lebih, lebih dan lebih baik lagi... Juga besar harapan agar RUU Keperawatan segera disahkan... semoga kedepan ada
Perawat yg jd anggota DPR deh, biar permasalahan Perawat cepat didengar dan dihargai

cahyo0 ya utk perawat2 se-INdonesia..kita harus bangga dgn profesi perawat krn pekerjaan perawat sangatlah mulia sekali...semangaaaatttt!!!

Ayo kita buktikan kalo kita buka kuliah untuk diperlakukan seperti pembantu di klinik nantinya, tapi kita juga profesi yang punya job dan tingkat profesionalitas sendiri... yayo, teman-teman kita "BUKA MATA MEREKA yang masih tertutup itu!!! Buktikan pada semuanya bahwa ners bisa profesional, ners itu tidak hanya cerdas tapi punya skill dan good attitude..."

"HIDUP MAHASISWA KEPERAWATAN!!!"
"HIDUP PERAWAT INDONESIA!!!"
"HIDUP ILMIKI"
(KESAN setelah duduk di bangku kuliah...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

indahnya kebersamaan.. HOLISTIC '07 -Ners UNHAS 2007

indahnya kebersamaan.. HOLISTIC '07 -Ners UNHAS 2007
I Love You All,my friends... Saya bersyukur bisa mengenal kalian...

"Bahagia Ada Pada Jiwa Yang Bersyukur"_"Buka mata, Buka hati dan Buka Pikiran"_"Allah Slalu Dekat"

Ners,, Gue Bangets!!!

Ners,, Gue Bangets!!!
Bekerja dengan Hati !!!

Proud to be a Nurse

Proud to be a Nurse
I luv being a Ners!!! Registered Nurse!!! Yuk,, blajar mencintai profesi kita nantinya,, skarang dan akan datang,, tak kan pudar.. Teriakkan,"Saya Bahagia Menjadi NeRs!!! Saya cInta ProfesI iNi...!!! Citra Ners Harus semakin BAik karena Keberadaan saYa dan teMan-teMan...!!! Menjadi Ners adalah Panggilan Hidup!!! Syala,la,la..."